Berita Kawasan Indonesia – Media Berita Kawasan dan Info Gaya Hidup Terbaik dan Terpercaya Di Indonesia
Featured Food

Beberapa Jenis Buah-Buahan Untuk Menurunkan Kolesterol

6 Buah Ini Dapat Menurunkan Berat Badan

Pewartasatu, Bogor ­– Hari Raya Idul Adha biasanya identik dengan berbagai jenis olahan berbagai daging seperti kambing maupun daging sapi. Jenis olahan pun beragam yang terdiri dari olahan jeroan, sate, maupun gulai.

Mengkonsumsi olahan daging secara berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah yang bisa memicu berbagai penyakit kronis seperti jantung, stroke, dan diabetes.

Nah, pasti diantara kalian akan merasakan takut kalau kolesterol dalam darah akan tinggi. Anda bisa menetralisir kadar kolesterol dalam darah dengan beberapa jenis buah-buahan berikut ini yang dikutip dari kompas :

  1. Apel

Buah yang satu ini mengandung pektin yang merupakan serat larut air yang ampuh untuk menurunkan kolesterol.

Pektin akan bekerja meyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus untuk dibawa keluar tubuh lewat urine atau feses.

Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. Anda bisa mengkonsumsi buah apel beserta kulitnya.

  1. Alpukat

Buah ini baik untuk kesehatan jantung, serta sebagai sumber lemak tak jenuh tunggal. Alpukat kaya akan vitamin, mineral, serat, dan senyawa yang dapat menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, penelitian menunjukkan, alpukat juga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama, bahkan hingga 3-5 jam setelah dikonsumsi.

Kandungan glutathione, antioksidan yang terdapat dalam alpukat dapat mencegah kanker dan penyakit jantung. Alpukat juga ternyata dapat menstabilkan kadar gula darah.

  1. Pir

Satu buah pir berukuran sedang dapat mencukupi 16 persen kebutuhan serat harian dalam tubuh. Serat yang terdapat dalam buah pir bernama pektin yang berfungsi untuk mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh bisa menurun.

  1. Buah Berri

Jenis buah berri ialah Strawberry, Blueberry, dan Carnberry. Yang memiliki serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus sehingga kadar kolesterol jata menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik atau HDL.

  1. Anggur

Penelitian menunjukkan bahwa anggur memiliki senyawa antioksidan tinggi, terutama anggur merah.

Antioksidan ini dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol jahat LDL serta trigliserida dalam darah.

  1. Pepaya

Kandungan likopen, vitamin C, dan vitamin E serta Antioksidan dalam buah pepaya dapat menurunkan kadar kolesterol HDL yang tinggi.

Serta vitamin E dan vitamin C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang dapat menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

  1. Jambu Biji

Buah ini mengandung vitamin dan antioksidan yang bekerja untuk melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kadar kalium dan serat larut air dalam jambu biji juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

  1. Jeruk

Buah ini mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol dan sekaligus membantu menghambat perkembangan kanker payudara dan kanker usus.

Jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang berfungsi untuk mencegah penumpukan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan tersebut untuk menetralisir kadar kolesterol dalam darah, dan berolahraga. Salam sehat.

Baca juga : 10 Tips Rahasia Memasak Steak dari Koki Restoran
Baca juga : Beberapa Tips Menyimpan Buah Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Busuk, Cek Yuk !
Baca juga : Deretan Makanan Untuk Kesehatan Otak Hingga Bisa Mencegah Berbagai Penyakit

 

Related posts

Kelecakaan Kereta listrik dengan mobil Honda Mobilio di pintu kereta Rawageni.

Sayidi Akbar

TRANSISI BELAJAR DARING KE TATAP MUKA,MENGEJAR KETINGGALAN KUALITAS YANG TERTINGGAL

ahmad

Cegah Corona, AS SDM POLRI Wajibkan Senam Sederhana dan Hidup Sehat

ahmad

Leave a Comment